Senin, 02 Februari 2009

macam-helm

Lagi! tentang helm

Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang helm

banyak aktifitas yg memiliki peralatan/perlengkapan pelindung khusus, tidak terkecuali aktifitas berkendara dng motor
paling tidak, setiap pengendara dan penumpang (boncenger) harus menggunakan :
- sepatu yg menutupi mata kaki,
- sarung tangan yg menutupi jari2
- dan helm yg memenuhi standar

menggunakan helm terbukti sangat berguna
keefektifannya sudah dibuktikan oleh banyak studi yg dapat dipertanggung jawabkan, mitos2 sprt helm membahayakan leher, memblok penglihatan, mengganggu pendengeran
sudah berkali2 dibuktikan tidak tepat
pengendara yg sadar keselamatan selalu menggunakan helm
sebagai sebuah pilihan tanpa paksaan
dan seharusnya kita semua sprt itu

fungsi helm

pertama

helm adalah peralatan pelindung terbaik saat mengendarai motor
cobalah identikkan antara helm dan kunci motor kamu
mengambil kunci motor berarti mengambil helm kamu juga
keduanya harus ada bersama2
helm bukanlah “alat ajaib” yg akan membuat berkendara dng motor menjadi super aman
tapi dalam sebuah kecelakaan, helm dapat melindungi otak kamu
muka kamu, dan mungkin saja nyawa kamu

dikombinasikan dng peralatan pelindung yg lain, edukasi2 yg benar kepada pengendara,
penegakan proses mendapatkan ijin berkendara, dan peningkatan kesadaran umum
penggunaan helm dan peralatan pelindung adalah salah satu cara utk mengurangi kecederaan

kamu mungkin berharap tidak perlu menggunakan helm,
sama sprt kamu berharap tidak perlu menggunakan safety belt di mobil
tapi kecelakaan bisa saja terjadi
kita tidak bisa memprediksi, kapan dan sprt apa kejadiannya
kamu tidak seharusnya mengatakan
“ah saya cuma ke toko dekat rumah” dan tidak menggunakan helm
dari tahun ke tahun, banyak orang terselamatkan krn menggunakan safety belt
dan banyak juga orang sangat berterima kasih krn mereka memakai helm

kedua

helm yg baik membuat berkendara dng motor menjadi lebih nyaman
ini adalah fakta lain, bahwa helm :
- mengurangi bising dari angin yg didengar telinga
- mengurangi hembusan keras angin ke muka dan mata
- melindungi dari banyak benda2 terbang di udara sprt serangga
- helm memberikan kontribusi kenyamanan saat kondisi cuaca yg berubah,
- dan tentu saja mengurangi kelelahan pengendara

ketiga

menggunakan helm menunjukkan bahwa para pengendara motor adalah orang yg bertanggung jawab
yg paling tidak memikirkan diri sendiri dan proses berkendara secara serius
menggunakan helm adalah proyeksi sikap bertanggung jawab kamu saat berkendara
dan sikap ini dapat dilihat dng jelas khususnya oleh pengendara motor lain
bahkan dilihat oleh pengguna jalan lain secara umum

bagaimana helm dapat berfungsi

helm yg berbeda bentuk memberi fungsi yg berbeda juga
ada helm yg dipakai utk pekerja konstruksi (hard hat)
ada helm yg dipakai utk pemain football
ada helm yg dipakai oleh tentara
dan helm2 yg berfungsi spesifik itu
tidak bisa saling dipertukarkan
begitu juga dng helm yg dipakai utk berkendara dng motor
helm ini sangat unik dan didisain khusus utk aktifitas tsb
helm2 ini telah didisain dng hati2 dan secara saintifik selama bertahun2

empat komponen helm yg bekerja utk memberikan perlindungan
-cangkang luar (outer shell)
-peredam impak (impact absorbing liner)
-lapisan penyaman (comfort padding), dan
-sistem pengikat (retention system)

yg selalu kita lihat pertama kali adalah bagian cangkang luar
biasanya terbuat dari material serat komposit atau termoplastik sprt polycarbonat
material ini cukup kuat, dan didisain utk terkompresi bila mengenai apapun yg keras
proses ini akan mendistribusikan energi dari impak sehingga
gaya akan berkurang saat sampai di kepala
tapi bagian ini tidak bisa bekerja sendiri utk memberikan perlindungan

di dalam cangkang terdapat bagian yg juga sama penting
yaitu bagian peredam impak
bagian ini biasanya terbuat dari material yg sering disebut styrofoam
yg sebenernya adalah material polystyren yg mengembang
lapisan padat ini menjadi bantalan yg akan menyerap tegangan kejut
saat helm telah berhenti bergerak, sementara kepala kita masih bergerak

keduanya, cangkang luar dan lapisan peredam kejut ini, akan terkompres
dan menyebarkan gaya2 impak secara merata ke seluruh bagian helm
makin banyak energi impak yg diserap atau dialihkan secara merata
makin sedikit yg akan sampai ke kepala utk membuat kecederaan
beberapa helm didisain utk terlepas beberapa lapisan cangkangnya saat impak
beberapa helm lain mungkin retak atau malah pecah saat dipaksa
menerima beberapa kali impak
ini adalah cara helm utk menyerap energi kejut, melakukan fungsi utamanya
kerusakan krn impak dari sebuah kecelakaan bisa jadi sangat terlihat pada sebuah helm
walopun mungkin keliatan keren, tapi artinya helm tersebut
sudah kehilangan nilai perlindungannya
dan sebaiknya diganti

lapisan penyaman adalah bagian busa lembut dan kain yg menempel pada kepala
bagian ini yg membantu kita utk lebih nyaman saat menggunakan helm
utk beberapa helm, bagian ini bahkan bisa dilepas utk dibersihkan

sistem pengikat, atau juga sering disebut pengikat dagu juga bagian yg sangat penting
inilah bagian yg akan menahan helm di kepala kita saat terjadi kecelakaan
pengikat ini terpasang pada kedua sisi cangkang luar
setiap saat mengenakan helm, pasang pengikat dng kuat dan aman
proses ini hanya butuh beberapa detik, dan akan membuat perbedaan besar







Tidak ada komentar: